Ratusan siswa SMA/SMK/MA terlihat antusias belajar bareng dengan mahasiswa S1 Sistem Informasi. Mereka yang sedang memakai seragam itu terlihat memasuki ruang kuliah untuk mengikuti program Free Trial Class yang dilaksanakan program studi sistem informasi STIKOM SURABAYA. Mulai tanggal 7 - 11Mei 2018, Stikom Surabaya kedatangan tamu Abuers dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto dan beberapa kota lainya.  Mereka ingin merasakan Bagaimana MUji Coba kuliah Gratis yang diselengarakan bagian Penmaru Stikom Surabaya. Abuers yang berasal dari beberapa SMA antara lain SMA Negeri 21 Surabaya, SMA Negeri 17, SMA St Louis, SMAK Santo Yusuph, SMA Muhammadiyah 2, dll terlihat ikut belajar bersama mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi. Ada 6 Perkuliahan yang diujicobakan, anatar lain EBussines, Pemrograman Web, Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Desain Database, User Interface Design, dan EMarketing.

Materi belajar dalam Kelas Perkuliahan tersebut sama seperti materi belajar regular yang rata rata sudah memasuki minggu ke 10 dari 14 pertemuan yang diselenggarakan . Meskipun mereka belajar langsung di pertemuan perkuliahan ke 10, tetapi karena metode belajar yang digunakan tidak hanya ceramah, tetapi juga Forum Group Discuccion, Games, Presentasi, Visualisasi Informasi, bahkan hingga praktik merancang bangun aplikasi, menjadikan durasi belajar 2 SKS hingga 3 SKS menjadi tidak terasa. Course Material atau materi perkuliahan berupa Lesson Plan, Course Material, References hingga assignment yang sudah diuplad dalam format digital di aplikasi Brilian tetap dapat diakses peserta melalui link yang sudah disediakan. Seluruh proses belajar-mengajar didukung oleh fasilitas modern berupa Integrated Learning Management System dan Digital Library.

Pembelajaran dilakukan secara  interaktif antara siswa SMA/SMK/MA dengan  mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi dengan dosen pengajar dan dosen praktisi yang berlangsung berlangsung intensif dan menyenangkan penuh canda tawa.  Meskipun mereka baru saling kenal didalam kelas, tetapi mereka bisa mudah akrab karena mereka fokus mengerjakan case studi, dan mencari solusi bersama. Joke joke kecil juga terjadi selama kuliah berlangsung. Beberapa sisswa SMA malah berkomentar, enak juga ya jadi mahasiswa, Bisa jalan jalan, ngobrol, ketawa didalam kelas, bahkan bisa berlagak jadi Dosen saat mereka presentasi. Kaprodi S1 Sistem Informasi, Doktor Anjik Sukmaaji., M.Eng berharap Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi siswa SMA/SMK/MA agar tetap  belajar seusai lulus dari SMA/SMK/MA. 

Bagi fresh graduate maupun siswa kelas X, XI, XII SMA/SMK/MA yang ingin mencoba Free Trial Class, bisa menghubungi bagian penmaru Stikom Surabaya.