Information Technology (IT) adalah teknologi yang terus mengalami perkembangan baik secara revolusioner maupun evolusioner. Hal tersebut  berdampak pada pekerja atau pelaku di bidang Teknologi Informasi yang harus terus mengembangkan ilmunya untuk update perkembangan teknologi Informasi yang ada.

Sertifikasi keahlian khususnya pada bidang IT diperlukan untuk mendapatkan pengakuan atau spesifikasi dibidang spesialisasi tertentu. Sertifikasi IT diberikan sebagai bentuk penghargaan dan pembuktian yang diberikan kepada individu yang dianggap kompeten pada bidang tertentu. Dengan standar kompetensi yang sudah dimiliki oleh seorang praktisi dapat memudahkan bagi perusahaan atau institusi untuk menilai kemampuan calon pegawainya. Selain itu sertifikasi dapat meningkatkan kredibilitas seorang professional IT.

Prodi S1 Sistem Informasi Stikom Surabaya akan mengadakan sosialisasi sertifikasi Internasional pada tanggal 20 Maret 2017 yang bertempat di Auditorium Lt.1 Stikom Surabaya.  Sertifikasi ini dikhususkan bagi mahasiswa Pra-Yudisium (sudah lulus semua Mata Kuliah dan Sidang TA) dan Alumni S1 Sistem Informasi Stikom Surabaya (max. 1 tahun). Jenis Sertifikasi yang akan diadakan adalah Oracle Certified Associate (OCA). Ujian untuk mengambil sertifikasi ini meliputi dasar-dasar SQL dan dasar-dasar administrasi database.